Manfaat Tanaman Obat Untuk Kesehatan

Tanaman obat adalah Jenis-jenis tanaman yang memiliki fungsi dan berkhasiat sebagai obat dan dipergunakan untuk penyembuhan ataupun maupun mencegah berbagai penyakit, berkhasiat obat sendiri mempunyai arti mengandung zat aktif yang bisa mengobati penyakit tertentu atau jika tidak memiliki kandungan zat aktif tertentu tapi memiliki kandungan efek resultan / sinergi dari berbagai zat yang mempunyai efek mengobati.
Penggunaan tanaman obat sebagai obat bisa dengan cara diminum, ditempel, dihirup sehingga kegunaannya dapat memenuhi konsep kerja reseptor sel dalam menerima senyawa kimia atau rangsangan.

Penggunaan tanaman sebagai pengobatan herbal sudah dipraktekkan sejak jaman Mesir kuno sekitar 2500 tahun Sebelum Masehi.
Indonesia memiliki 30.000 jenis tanaman dari total 40.000 jenis tanaman yang ada di dunia, dan 940 jenis diantaranya merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional dalam kehidupan sehari-hari.
Kali Ini Saya Akan Membahas 10 jenis Tanaman Obat yang sangat mudah ntuk dibudidayakan dipekarangan rumah.
*1. Tanaman Seledri (Apium graveolens)  

obatbatuk.co.id
Daun seledri memiliki nama latin Apium Graveolens. Kandungan di dalam daun seledri adalah kalsium, vitamin A, B1, B2, B6, dan juga vitamin C. Kandungan ini sangat bersesuaian dengan beberapa penyakit yang membutuhkan kandungan ini untuk penyembuhan. Daun seledri sendiri memiliki manfaat dalam bidang kesehatan dan kecantikan.
 
Manfaat daun seledri untuk kecantikan berputar pada kualitas rambut yang kita miliki berupa penyubur rambut. Penggunaan seledri akan melebatkan rambut kita. Apalagi untuk perempuan yang mana rambut merupakan mahkota kecantikannya. Tentu tidak ingin menyia-nyiakan perawatan rambut yang murah satu ini. Caranya pun mudah sekali. Daun seledri yang berjumlah maksimal 10 batang dicuci. Setelah dicuci, ambil ulekan, lalu tumbuk daun sop satu ini. Setelah ditumbuk, daun seledri diusapkan ke kepala dengan merata. Setelah rata, hitung waktu 1 jam. Biarkan daun seledri yang telah ditumbuk tadi di atas kepala kita. Selanjutnya, kita bilas bersih. Mudahnya lagi, cukup 1 kali seminggu kita lakukan hal ini. Tentu tidak menghabiskan banyak waktu

Seledri Juga Bisa Menghasilkan Minyak atsiri yang telah digunakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain itu bagian biji, dan akarnya memiliki sifat diuretik (membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine), galactogogue (sekresi bantuan ASI), stimulan, dan sifat tonik.

Seledri Juga mempunyai Khasiat melebatkan kembali rambut dan menjaga kulit kepala. Caranya mudah, siapkan sekiranya 10 tangkai daun seledri kemudian haluskan. keramaslah seperti biasa, setelahnya gosokkan seledri yang dihaluskan tersebut pada rambut hingga merata. Pijatlah dengan lembut rambut agar meresap pada kulit kepala. Kemudian diamkan selama sejam dengan menggunakan shower cap atau topi pembungkus. Bilas hingga bersih rambut setelah satu jam. Lakukan seminggu dua kali untuk perawatan untuk hasil yang maksimal.
*2. Bayam Duri (Amaranthus spinosus)
Bayam duri merupakan tanaman bayam yang tumbuh liar dipekarangan rumah. Bayam ini pada umumnya lebih dikategorikan sebagai rumput liar, karena tanpa ditanam bayam ini tumbuh dengan sendirinya.
herbalandhealthy.files.wordpress.com
Dalam sebuah buku yang berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1, karya dr Setiawan Dalimartha, Trubus Agriwidya, Jakarta, 1999, tersebut menerangkan bawah bayam duri memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita salah satunya adalah akarnya, banyak khasiat yang bisa diambil. Misalnya untuk pengobatan bisul yang keras, wasir (hemoroid), ekzema, gusi bengkak berdarah, malancarkan pengeluaran ASI ( laktagoga ), demam, kutil, luka bakr dan di gigit ular berbisa. Seluruh tumbuhan direbus, airnya selagi hangat di gunakan untuk merendam kaki yang pegal linu, dan reumatik.
Menurut penelitian yang telah dilakukan mengenai kandungan dari bayam duri ini ditemukan beberapa kandungan kimia seperti amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfta, zat besi, serta vitamin (A,C,K dan pirodoksin =B6).
Dan ini manfaat Bayam Duri Untuk Kesehatan :
  • Mengobati Disentri
Cara Pengobatan: Akar bayam duri sebanyak 30 g dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Tambahkan 15 g gula enau/aren dan 2 gelas air bersih. Rebus sampai airnya tersisa ½ gelas. Setel;ah dingin disaring, minum sekaligus sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.
  • Mengatasi Keputihan
Cara Pengobatan: Akar bayam duri segar sebanyak 30-60 g dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Tambahkan gula batu seukuran kelereng. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi sama banyak untuk 2 kali, minum pagi dan sore hari.
  • Mengatasi Sakit tenggorokan
Cara Pengobatan: Akar bayam duri segar sebanyak 45 g dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, siapkan untuk diminum. Sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas.
  • Mengatasi Radang saluran napas
Cara Pengobatan: Daun bayam duri segar sebanyak ½ genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Tambahkan 3 sendok makan air masak dan sedikit garam. Aduk merata, lalu diperas dan disaring. Minum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali.
  • Mengobati Sakit gigi
Cara Pengobatan : Akar dicuci bersih, lalu dikunyah.
  • Mengobati TBC kelenjar
Cara Pengobatan: Seluruh tumbuhan bayam duri (batang, daun dan akar) sebanyak 30-60 g dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 1,5 gelas air bersih dan 1,5 gelas arak putih, sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum. Pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas.
  • Mengobati Kencing Nanah
Cara Pengobatan : Ambil 1 potong akar bayam duri lalu rebus bahan diatas dengan air secukupnya sampai mendidih kemudian kita saring lalu tuangkan kedalam ukuran 1 gelas, konsumsilah 2x sehari sampai penyakit ini sembuh.
*3. Daun Saga Rambat (Abrus precatorius)
tanobat.com
Daun saga rambat adalah salah satu tumbuhan liar yang dapat kita temukan di pinggiran jalan atau di pekarangan rumah. Daun saga rambat memiliki nama ilmiah (Abrus Precatoruis), karena naman yang sama terkadang orang masih rancu antara daun saga rambat dan pohon saga (Adenanthera Pavonina). Hal ini sebenarnya disebebkan karena orang-orang pada umumnya menyebut kedua tumbuhan tersebut dengan nama saga saja, disisi lain tidak banyak orang yang tahu persis mengenai manfaat daun saga rambat.Banyak orang yang tidak tahu bahkan menganggap menggangu, daun saga rambat ini sering dibabat habis atau bahkan dibakar. Saga rambat termasuk jenis tanaman gulma dan tumbuh secara liar. Daun saga rambat dianggagap mengganggu tanaman yang sengaja ditanam maupun karena merusak keindahan. Khasiat daun saga rambat diantaranya adalah untuk mengobati sariawan dan penyakit lainnya.
Inilah Manfaat Daun Saga Rambat Untuk Kesehatan : 
  • Sebagai Obat Amandel 
Daun saga rambat ini dapat mengobati penyakit amandel anda. Cara mengobati amandel cukup dengan mengambil daun serta akar daun saga rambat ini. Setelah itu, cuci hingga bersih serta siapkan gula batu dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan herbal dengan 4 gelas air bersih dan sisakan air rebusan itu hingga menjadi setengah gelas. Saring air rebusan itu agar terpisah dari ampasnya. Minumlah ramuan ini dua kali seharai waktu pagi dan sore hari.
  • Mengatasi Sariawan 
Anda terkena sariawan? Mungkin daun saga rambat ini bisa menjadi salah satu solusinya. Pertama-tama, petik daun langsung dari pohonnya dan tempatkan daun tersebut ditempat yang agak panas sampai daunnya menjadi layu. Langkah selanjutnya adalah cuci bersih dau yang telah layu tersebut lalu kunyah daun saga rambat itu sampai halus dan gunakan untuk berkumur. Setelah itu, muntahkan daun saga rambat tersebut. 
  • Mengobati Panas Dalam
Ambil lima belas tangkai daun saga rambat kemudian cuci daun tersebut hingga bersih. Rebus daun tadi dengan dua gelas air hingga mendidih dan sisakan setengah gelas. Setelah dingin kemudian disaring, minum rebusan herbal daun saga rambat sekali sehari. 
  • Mengobati Batuk Kering
Biasanya banyak orang tahi bahwa batuk bisa disembuhkan dengan manfaat jeruk nipis, namun tahukah anda bahwa batuk juga dapat diobati dengan daun saga. Caranya cukup mudah, ambil beberapa tangkai daun saga dan cuci daun tersebut hingga bersih. Siapkan juga daun asam dan kayu manis kemudian rebus semua bahan tadi dengan dua gelas air hingga mendidih dan sisakan air tesebut sebanayk setengah gelas. Minumlah ramuan tadi dua kali sehari dengan takaran sekali minum setengah gelas.
  • Obat Bronchitis  
Daun saga rambat ini juga dapat membantu anda yang menderita penyakit bronchitis. Anda hanya perlu mengambil lima belas tangkai daun saga yang tentunya masih segar dan cuci bersih daun tersebut. Setelah itu rebus daun saga rambat tersebut dengan dua gelas air hingga menyisakan satu gelas air saja. Dinginkan lalu saring air rebusan tersebut. Minumlah ramuan ini dengan ketentuan satu gelas satu hari.
 
*4. Tanduk Rusa (Platycerium coronarium)
tanobat.com
 Tanduk rusa adalah nama tanaman sejenis paku-pakuan. Jadi tanduk rusa disini bukan nama tanduk dari hewan rusa sejenis menjangan ya.. tapi merupakan nama dari tumbuhan obat yang punya banyak manfaat dan khasiat.
Tanduk rusa mempunyai nama lain atau sebutan yang berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Selain disebut dengan daun tanduk rusa, disebut juga dengan nama simbar agung (Indonesia). Kemudian di daerah Jawa dan Bali disebut juga dengan nama simbar menjangan dan paku uncal untuk sebutan tanaman ini di daerah Sunda.
Tanaman tanduk rusa banyak ditemukan dan sering dipelihara sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang menjuntai panjang dan terlihat indah. Tanduk rusa hidup dengan cara menempel pada tanaman induk. Walau hidupnya menempel pada tanaman lain, namun tanduk rusa ini memiliki sifat epifit, yaitu tidak merugikan tanaman inangnya.

Manfaat dan Khasiat Daun Tanduk Rusa

Daun tanduk rusa bisa kita manfaat sebagai obat tradisional atau obat herbal, yaitu untuk mengobati mengobati demam, bisul, radang rahim luar, abses dan bisa juga untuk mengobati haid yang tidak teratur.
Obat Demam
Selembar daun tanduk rusa ditumbuk halus, ditambah garam secukupnya, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah disaring bisa diminum 2 kali sehari 1 cangkir, yaitu pagi dan sore.
Obat Bisul
Campur selembar daun tanduk rusa dan sedikit kapur sirih, lalu tumbuk halus. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengompress bagian bisul.
Obat Radang Rahim luar
Tumbuk sampai halus 2-5 lembar daun tanduk rusa dan minyak kayu putih secukupnya. Untuk cara menggunakannya, yaitu ramuan ini bisa ditempelkan pada perut /rahim dan dibalut dengan kain stagen.
Obat Abses
Daun tanduk rusa juga bisa untuk mengobati abses, yaitu suatu penimbunan nanah yang biasanya terjadi karena adanya suatu infeksi bakteri. Caranya dengan menumbuk sampai halus selembar daun tanduk rusa, satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Selanjutnya bisa dipakai untuk mengompress bagian bisul.
Obat Haid Tidak Teratur
Untuk mengobati haid tidak teratur sangatlah mudah. Seduh 2 lembar daun tanduk rusa dengan air panas secukupnya. Selanjutnya bisa diminum 4 atau 3 hari sebelum datang bulan (haid).

*5. Srikaya (Annona squamosa)
us.images.detik.com
srikaya adalah salah satu jenis buah yang dalam bahasa latin disebut Annona Squamosa, atau buah srikaya dalam sehari-hari juga biasa disebut Buah Nona atau Mona. Buah srikaya atau buah nona ini adalah salah satu jenis tanaman berbuah yang berasal dari daerah tropis, dan jika kita dalam klasifikasi ilmiah maka buah srikaya ini juga merupakan buah yang masuk dalam golongan genus Annona.
Buah srikaya merupakan buah yang memiliki bentuk khas jika dibandingkan dengan buah-buah lain pada umumnya. Rasanya yang manis dan enak untuk dikonsumsi menjadikannya memiliki penggemar tersendiri.
Manfaat Buah Srikaya

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Srikaya yang memiliki cukup banyak kandungan niasin sehingga buah srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol. Konsumsi rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

2. Sangat baik untuk pencernaan

Buah srikaya mengandung serat yang tinggi, kandungan tersebut menjadikan srikaya baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi karena serat tersebut akan mampu mampu memperlancar pencernaan pada manusia.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Selain untuk memperlancar pencernaan, serat yang terdapat dalam srikaya dapat memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh manusia sehingga dapat mencegah kita dari penyakit diabetes.

Buah srikaya yang masih muda mampu mengobati diare, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah srikaya sangat efektif untuk membantu menyembuhkan diare.

Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki buah srikaya tentu ini dapat membuat srikaya menjadi pencegah beberapa penyakit, seperti penyakit asma. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan.

Kandungan potassium yang ada pada srikaya akan berperan menurunkan tekanan darah pada tubuh manusia. Konsumsi dengan rutin buah srikaya ini sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Buah srikaya memiliki kandungan vitamin B sehingga dapat mencegah perkembangan dari homocystein yang mana homocystein dengan jumlah besar dapat menyebabkan stroke dan jantung koroner.

Buah srikaya juga mengandung magnesium. Sehingga magnesium yang kita dapat dari srikaya mampu membantu dalam menjaga kepadatan tulang.

Srikaya seringkali dijadikan sebagai anti hama atau racun bagi hama karena di dalam srikaya terdapat racun yang bernama annonain dan resin. Annonain paling banyak dijumpai pada biji srikaya. Oleh karena itu, proses pembuatan obat herbal dengan berbahankan buah atau bagian lain dari srikaya yang dilakukan selayaknya harus berada pada prosedur yang tepat dan dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Karena tidak menutup kemungkinan racun tersebut justru akan membahayakan tubuh manusia. Bahkan ramuan buah srikaya hingga saat ini dilarang keras untuk ibu yang sedang mengandung (hamil).
Masih Banyak Lagi Jenis Taman Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan , Untuk Sekarang Hanya Itu yang Saya Bahas Nanti Kita Lanjut Dilain Kesempatan : 
Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manfaat Tanaman Obat Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Just For U