Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Anda


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhHMEnu3aRTbtCyTIENfIuS8ez_otTcKZuSB2W_0hJaJn7V259LrAL2O3tSYXJ8zi0qx9y9icucgkv5quBqaTyCsHlxo3hu4fzo_I2W-hsKtd1KdvNJieD9l2YrcAWjcSM_az7_d5oevCR/s1600/10-manfaat-buah-melon.jpg
Apa Itu Melon?
Melon atau yang dikenal dengan nama ilmiah Cucumis Melo L adalah buah yang digolongkan ke dalam suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Dengan demikian ia masih “bersepupu” dengan mentimun serta labu sayur. Meski demikian, buah melon cukup istimewa sebab daging buahnya terasa manis. Buah ini sering disantap sebagai pencuci mulut selepas makan besar. 

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata ada banyak sekali khasiat buah melon yang bisa kita manfaatkan. Buah yang rasanya manis dan banyak mengandung air ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.
Yang sudah kita ketahui bersama adalah melon merupakan salah satu sumber vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan nutrisinya cukup banyak sehingga sangat layak masuk dalam daftar makanan sehat Anda sehari-hari. Namun demikian tak banyak orang yang mengetahui berbagai macam khasiat buah melon untuk kesehatan tubuh.
kandungan nutrisi dan beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan Kita
1. Kandungan Nutrisi  
 a. Sumber Vitamin C 
Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin bersifat sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kebutuhan vitamin C harian orang dewasa sekitar 90 mg. Satu cangkir buah melon sanggup memenuhi 1/3 kebutuhan vitamin C harian atau sekitar 30 mg.

b. Sumber Vitamin A
Vitamin A memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Diantaranya adalah mejaga kesehatan mata, gigi, kulit, tulang, dan selaput lendir. Dalam satu buah melon, mampu menyediakan 25% lebih banyak vitamin A dari kebutuhan harian.

c. Kaya Kalium
Kalium atau Potassium berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan 4700 mg kalium. Satu cangkir buah melon mampu menyediakan sekitar 43 mg kalium untuk diserap tubuh.

d. Kandungan Likopen
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa likopen mampu menurunkan risiko serangan beberapa jenis kanker juga mencegah terjadinya serangan jantung. Satu cangkir buah melon mengandung 9 mg sampai 13 mg likopen.

2. Manfaat Melon Untuk Kesehatan KIta
Sebagai Anti-Kanker 
Secara ilmiah telah terbukti bahwa buah melon mengandung senyawa karatenoid dalam jumlah yang tinggi. Dengan demikian, wajar jika kemudian salah satu manfaat buah melon adalah mencegah sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, dengan konsumsi melon secara teratur. seseorang bisa terhindar dari resiko kanker paru-paru. Buah melon membantu tubuh untuk melepas bibit-bibit yang berpotensi mengundang kanker dalam tubuh.  
Sebagai Buah Anti-Stroke
Buah melon juga mengandung senyawa yang bersifat anti-koagulan yang dikenal dengan nama adenosine. Ia mampu menghentikan penggumpalan yang terjadi pada sel darah dan berpotensi menyebabkan serangan jantung atau juga stroke. Buah melon memang sudah lama diketahui mampu membantu kelancaran peredaran darah di dalam tubuh manusia. 

Melancarkan Buang Air Besar
Siapapun tahu bahwa buah mengandung banyak serat alamiah yang mampu membantu proses pembuangan kotoran. Serat pada buah melon juga sama dengan yang dimiliki buah lain seperti pepaya. Jadi mengkonsumsi buah melon secara teratur akan membuat sistem pembuangan Anda lancar jaya! 

Mempercantik Kulit
Bagi wanita yang menginginkan kulitnya segar, sehat dan cantik, konsumsi buah melon secara teratur adalah salah satu tips yang bisa ditiru. Kandungan vitamin pada buah melon akan membantu kulit Anda tetap sehat sepanjang waktu. Melon ini juga diketahui mengandung senyawa kolagen yang dikenal mampu mempertahankan elastisitas juga keremajaan jaringan kulit.
 
Membatu Memelihara Organ Ginjal 
Buah melon memiliki sifat diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil. Secara langsung hal tersebut akan membantu organ ginjal Anda menjadi lebih sehat. Kabarnya, melon juga berkhasiat melawan penyakit eksim berat dan juga asam urat. Caranta, buah melon dicampur dengan perasan buah lemon dan minum di pagi hari saat perut Anda dalam keadaan kosong.

Menyehatkan Mata
Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman pengelihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata. 


 Mencegah Diabetes
Selain bisa mengontrol tekanan darah di dalam tubuh, khasiat buah melon yang lainnya adalah bisa mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan melon mengandung gula alami dan juga air yang tentunya bisa mencegah risiko penyakit diabetes. Maka dari itu bagi Anda yang hobi mengonsumsi makanan manis atau yang makanan berlemak, sebaiknya imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan seperti melon.

Demikian penjelasan manfaat dari buah melon untuk kesehatan .Semoga penjelasan yang disampaikan bisa bermanfaat bagi Anda.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Anda"

Post a Comment

Just For U